Menjaga Kesehatan Mata Ketika Bekerja di Depan Komputer

Hai sobat, dengan saya lagi di blog kesayangan kita ini hehe. Pada artikel sebelumnya saya sudah jelaskan bagaimana membuat dan menampilkan map di android menggunakan Google Maps APIs. Dan kali ini saya akan sedikit memberikan sedikit tips dan trick untuk sobat yang suka berhadapan dengan layar komputer dan laptop. Saya akan mebahas bagaimana cara menjaga mata ketika bekerja di depan layar komputer. Oke silahakn sobat simak artikel berikut.

Menjaga Kesehatan Mata Ketika Bekerja di Depan Komputer

Mata adalah pemberian Tuhan yang sangat berharga. Hampir semua pekerjaan kita membutuhkan penglihatan, kecuali tidur ehehe. Menjaga mat asangat penting karena mata adalah aset terbaik kita. Ketika bekerja di bidang IT atau programmer, maka mata akan terus dipaksa terus di depan layar sepanjang hari. Kita akan merusak mata kita oleh tindakan kita sendiri jika kita tidak sadar. Kita dapat menjaga kesehatan mata kita ketika berada di depan layar komputer atau laptop.

Hal pertama untuk menjaga mata kita adalah mengatur pencahayaan. 
Kita kadang sering bekerj di ruang yang redup dan bekerja di malam hari dengan lampu yang remang-remang.

Sebenarnya hal ini tidak salah jika pencahayaan kita sudah benar. Pencahayaan sangatlah penting karena dengan pencahayaan yang cukup maka mata akan tenang dan tidak terlalu keras dalam bekerja. Piih ruangan atau tempat dengan pencahayaan cukup. Jika mata terlalu keras dalam bekerja maka kita mata akan cepat lelah dan jika terus berkelanjutan akan merusak mata.

Hal kedua yang dapat dilakukan untuk menjaga mata ketika di depan komputer adalah mengatur kecerahan layar. Atur kecerahan layar berdasarkan dengen situasi dan kondisi pencahayaan. Jika kita berada di ruangan terbuka maka atur kecerahan layar pada tingkat yang sesuai dengan tingkat cahaya pada ruangan, begitu juga ketika kita berada di ruangan tertutup.

Baca juga Cara Melacak Hp Android yang Hilang

Untuk menjaga mata ketika bekerja di depan layar komputer, saya sarankan untuk mengatur kecerahan layar tidak lebih redup atau tidak terlalu terang dari kondisi cahaya pada ruangan.

Cara lainya untuk menjaga mata saat bekerja di depan layar laptop atau komputer yaitu mengatur arah hadap antara mata dan layar. 
Hal ini sangat penting karena selain untuk menjaga arah hadap dan fokus mata, hal ini juga untuk menjaga leher kita. Jika arah hadap antara mata dan layar kita terlalu rendah atau terlalu tinggi maka akan menyebabkan masalah pada mata dan leher, dan akan sangat parah jika itu terus terjadi.

Selain mengatur tingkat kecerahan pada layar, kita juga bisa mengatur ukuran tampilan pada komputer untuk menjaga mata ketika berada di depan komputer.
Biasanya orang akan memaksa mata untuk melihat tampilan kecil pada layar, padahal dengan mengubah ukuran tampilan akan sangat membantu agar tampilan lebih mudah untuk dilihat.

Selanjutnya, pastikan posisi duduk selalu tegap tidak membungkuk. Posisi duduk sangat berpengaruh dengan kondisi kerja kita, karena posisi duduk yang buruk akan menghambat kerja kita saat kita merasa sakit punggung atau pung sakit tulang belakang. Posisi duduk yang tidak baik juga akan mempengaruhi posisi hadap mata dengan layar, dan mempengaruhi . Agar lebih nyaman duduk ketika bekerja, kita bisa menggunakan kursi dengan sandaran yang mengikuti bentuk tulang belakang.

Dan yang paling penting, untuk menjaga mata ketika bekerja di depan layar komputer atau laptop adalah selalu menjaga jarak antara mata dan layar. Hal ini sangat perlu diperhatikan mengingat sekarang ini sangat orang yang mengalami cacat mata rabun karena tidak menjaga mata ketika bekerja di depan layar komputer. Usahakan jarak antara mata dan layar adalah sepanjang tangan kita.

Oke, itu adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk Menjaga Mata Ketika Bekerja di Depan Komputer, semoga bermanfaat. Semoga dengan artikel ini kita dapat terus menjaga kesehatan mata kita ketika di depan komputer.
Jika sobat menyukai artikel ini, silahkan follow, komentar, dan share ke sobat lainya.. terimakasih, sampai bertemu di artikel selanjutnya.. 😁




Previous
Next Post »

Terimakasih atas kunjunganya.
Silahkan berkomentar dan beri kritik serta saran.
Jangan lupa difollow.

ConversionConversion EmoticonEmoticon