Keutamaan Shalat Dhuha

Hai sobat, ketemu lagi dengan saya di Blog kesayangan kita semua ini. Pada artikel kemarin saya sudah banyak memberikan penjelasan dan tutorial pemrograman. Kali ini saya akna membagikan sedikit pengetahuan yan gsaya punya.

Keutamaan Shalat Dhuha

Beberapa hari ini saya sedang sibuk dengan kegiatan saya hingga membuat diri ini lelah. Kemudian karena saya adalah anak perantauan yang tinggal jauh sendirian membuat hati resah dan tidak tenang. Mungkin saya sedang merindukan keluarga dan sahabat yang saya sayangi di kampung halaman. Kebingungan datang pada saya sampai membuat hati ini galau. Kemudian saya sadar bagaimana membuat hati ini menjadi tenang kembali. Saya harus lebih mendekatkan diri saya dengan Allah. Dan setelah saya melakukanya, begitu banyak perubahan yang saya dapatkan, baik berupa keteangan hati dan pikiran yang jernih hingga terasa ringan semua beban yan saya rasakan. Dari doa dan ibadah saya bisa merasakan kasih sayang Allah.

Haha oke setelah curhat saya yang aneh, berikut ini saya akan bagikan ilmu yang saya miliki.

Dianjurkan bagi umat islam untuk menjalankan ibadah tambahan atau solat sunah seperti sholat dhuha. Sholat dhuha bisa dilakukan 2 rokaat, 4 rokaat, sampai 8 rakaat. Berikut beberapa hadist tentang shalat dhuha

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

“Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: 1- berpuasa tiga hari setiap bulannya, 2- mengerjakan shalat Dhuha, 3- mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari no. 1178)

Baca juga "Waktu Mustajab untuk Berdoa"

Dari Anas bin Malik ra berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda, Barang siapa yang shalat pagi hari (subuh) secara berjamaah, kemudian ia duduk berdzikir kepada Allah SWT hingga terbitnya matahari, kemudian ia shalat dua rakaat, maka baginya pahala seperti pahala mengerjakan haji dan umrah. Rasulullah SAW bersabda, Sempurna, sempurna, sempurna. (HR. Turmudzi, beliau berkata bahwa hadits ini hasan gharib)

Maka dari dua hadis tersebut menjeaskan keutamaan 2 rakaat shalat duha. Begitu banyak manfaat shalat duha, berikut beberapa manfaat shalat duha

- diwasiatkan oleh Rasulullah untuk dikerjakan setiap hari
- orang yang shalat duha menjadikan seseorang dicatat sebagai orang-orang taat
- shalat duha 2 rakaat senilai 360 sedekah
- shalat dhuha 4 rakaat membawa kecukupan sepanjang hari
- shalat dhuha merupakan pelancar rezeki
- pahala shalat dhuha senilai dengan pahala umrah

Rasulullah menjanjikan kepada umatnya siapa yang melakukan sahalat dhuha 4 rakaat firman Allah hai anak adam, rukuk untukku 4 rakaat pada awal pagi (dhuha) maka akan aku penuhu hajatmu pada hari itu, apa saja yang kamu mau akan aku penuhi.

Baca juga "Tips Mendapat Ketenangan Hati"

Jadi begitu luar biasa keutamaan shalat dhuha ini. Jika kita mengharapkan agar rezeki kita lancar, rezeki kita bertambah dan segala kebutuhan kita dipenuhi, maka shalat dhuha sangat dianjurkan oleh Allah dan Allah menjanjikanya.

Allah berfirman dlaam surat Al Imaran ayat 133 :

وَسَارِعُوٓا۟ إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ  مِّن  رَّبِّكُمْ  وَجَنَّةٍ  عَرْضُهَا  السَّمٰوٰتُ  وَالْأَرْضُ  أُعِدَّتْ  لِلْمُتَّقِينَ 

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,”

Dari ayat tersebut Allah memerintahkan agar kita segera bertaubat kepada Allah dan berlomba-lomba beribadah dan mengejar agar mendapatkan surga. Karena dari ayat ini kita bisa mendapatkan motivasi untuk semangat beribadah seperti para sahabat yang berjuang beribadah dan meninggal syahid untuk mendapatkan ganjaran yang luar biasa dari Allah yaitu surga.

Masyaalla, Allah tidak akan melanggar janji karena tidak ada yang lebih jujur dari Allah. Kita serahkan semua urusan kepada Allah dan kita berusaha agar Allah selalu memberikan kebaikan kepada kita dan membimbing serta menjaga hambanya ke jalan yang benar.

Sekian artikel Keutamaan Shalat Dhuha, semoga bermanfaat dan menjadi penambah ketaatan kita kepada Allah..

Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar

Terimakasih atas kunjunganya.
Jika ada pertanyaan, komentar, atau saran, silakan tulis pada kolom di bawah ini.

ConversionConversion EmoticonEmoticon