Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Berdoa, adalah salah satu jalan bagi manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah, serta ibadah yang diperintahkan oleh Allah seperti dalam firmanya :

"Berdo’alah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. [Ghafir : 60].

Menurut firman firman Allah di atas adalah, doa adalah ibadah yang diperintahkan unutk manusia agar manusia memohon kepada Allah untuk dikabulkan apa yang diinginkan oleh manusia tersebut. Dan dalam ayat tersebut tertera bahwa manusia yang tidak berdoa kepada Allah adalah manusia yang sombong dan siksaannya akan sangat pedih. Manusia yang tidak berdoa kepada Allah menganggap masalahnya bisa terselesaikan oleh dirinya sendiri, padahal sebaliknya Allah lah yang melancarkan setiap urusanya.

Banyak juga manusia yang ingin dikabulkan doanya, dikabulkan urusanya, diselesaikan keperluanya. dan diringankan segala bebannya. Adalah perbuatan yang bagus jika manusia berdoa kepada Allah, maka Allah akan senang, Allah akan makin mencintai hambanya yang berdoa kepada Allah dan Allah akan mengampuni dosa-dosanya.

يا ابن آدم إنك ما دعوتني ورجوتني غفرت لك على ما كان منك ولا أبالي

“Wahai manusia, selagi engkau berdoa dan berharap kepada-Ku, aku mengampuni dosamu dan tidak aku pedulikan lagi dosamu” (HR. At Tirmidzi, ia berkata: ‘Hadits hasan shahih’)

Sungguh Allah adalah dzat yang maha pengasih lagi maha penyayang. Sesungguhnya Allah memahami keadaan manusia yang lemah dan membutuhkan. Manusi tidak pernah lepas dari keinginan. Maka untuk berdoa, waktu-waktu yang baik untuk berdoa, salah satunya yaitu waktu di hari Jumat.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ذكر يوم الجمعة ، فقال : فيه ساعة ، لا يوافقها عبد مسلم ، وهو قائم يصلي ، يسأل الله تعالى شيئا ، إلا أعطاه إياه . وأشار بيده يقللها

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari  Jumat kemudian beliau bersabda: ‘Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut” (HR. Bukhari 935, Muslim 852 dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu’anhu)  

Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Fathul Baari ketika menjelaskan hadits ini beliau menyebutkan 42 pendapat ulama tentang waktu yang dimaksud. Namun secara umum terdapat 4 pendapat yang kuat.

Pendapat pertama, yaitu waktu sejak imam naik mimbar sampai selesai shalat Jum’at, berdasarkan hadits:

هي ما بين أن يجلس الإمام إلى أن تقضى الصلاة

“Waktu tersebut adalah ketika imam naik mimbar sampai shalat Jum’at selesai” (HR. Muslim, 853 dari sahabat Abu Musa Al Asy’ari Radhiallahu’anhu).

Pendapat ini dipilih oleh Imam Muslim, An Nawawi, Al Qurthubi, Ibnul Arabi dan Al Baihaqi.

Pendapat kedua, yaitu setelah ashar sampai terbenamnya matahari. Berdasarkan hadits:

يوم الجمعة ثنتا عشرة يريد ساعة لا يوجد مسلم يسأل الله عز وجل شيئا إلا أتاه الله عز وجل فالتمسوها آخر ساعة بعد العصر

“Dalam 12 jam hari Jum’at ada satu waktu, jika seorang muslim meminta sesuatu kepada Allah Azza Wa Jalla pasti akan dikabulkan. Carilah waktu itu di waktu setelah ashar” (HR. Abu Daud, no.1048 dari sahabat Jabir bin Abdillah Radhiallahu’anhu. Dishahihkan Al Albani di Shahih Abi Daud). Pendapat ini dipilih oleh At Tirmidzi, dan Ibnu Qayyim Al Jauziyyah. Pendapat ini yang lebih masyhur dikalangan para ulama.

Pendapat ketiga, yaitu setelah ashar, namun diakhir-akhir hari Jum’at. Pendapat ini didasari oleh riwayat dari Abi Salamah. Ishaq bin Rahawaih, At Thurthusi, Ibnul Zamlakani menguatkan pendapat ini.

Pendapat keempat, yang juga dikuatkan oleh Ibnu Hajar sendiri, yaitu menggabungkan semua pendapat yang ada. Ibnu ‘Abdil Barr berkata: “Dianjurkan untuk bersungguh-sungguh dalam berdoa pada dua waktu yang disebutkan”. Dengan demikian seseorang akan lebih memperbanyak doanya di hari Jum’at tidak pada beberapa waktu tertentu saja. Pendapat ini dipilih oleh Imam Ahmad bin Hambal, Ibnu ‘Abdil Barr.

Itulah waktu yang mustajab unutk berdoa di hari Jumat, ada beberapa waktu mustajab lainya yang akan dijelaskan pada artikel berikutnya. Sekian artikel tentang Waktu Mustajab Untuk Berdoa, semoga bermanfaat. Wassalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
6 December 2016 at 21:15 ×

Kalau ditarik koordinatnya. Waktu yang baik untuk berdoa adalah dalam keadaan berwudhu, ketika sedang puasa, pada hari Jum'at, selagi waktu shalat jumat, dan waktu hujan turun. Begitu ya sob?

Reply
avatar
Aji Setya
admin
6 December 2016 at 21:21 ×

yap.. betul om.. :-d

Reply
avatar

Terimakasih atas kunjunganya.
Silahkan berkomentar dan beri kritik serta saran.
Jangan lupa difollow.

ConversionConversion EmoticonEmoticon