Pilih Pacar atau Sahabat?

Memilih sahabat atau pacar? sahabat menemani seseorang ketika dia dalam keadaan suka maupun duka, dan menurut anak-anak muda juga demikian dengan pacar. Namun keduanya memiliki sisi perbedaan, yang akan dijelaskan di bawah ini.


Perbedaan antara sahabat dan pacar yaitu, yang pertama kita dapat melihat bahwasanya sahabat itu pasti nanti akan selalu berbarengan dengan teman teman atau sahabat yang lainnya, jarang yang mereka cuma berduaan bersendirian di satu tempat. Sedangkan kalau pacar, pacaran pasti ingin berdua dua duaan, kalau temanya ingin datang pasti nanti mereka akan menghargai bahwa mereka sudah punya hubungan pacaran. 

Kemudian namanya sahabat dan pacar perbedaan yang lainnya kadang kalau dalam hal hubungan, jika ada masalah, pacar nanti akan putus hubungan, maka nanti salah satunya akan memutuskan untuk putus. Sedangkan kalau sahabat, tidak ada  yang namanya putus sahabat dan juga tidak ada istilahnya yang putus pertemanan, paling kalau suatu saat itu bertengkar nanti suatu waktu juga akan baikan dan akan pulih kembali. Jika dengan sahabat, tidak ada istilah kita kenal mantan sahabat yang ada cuma mantan pacar.

Pacaran biasanya membuat galau ketika ada masalah atau problem dan pasti nanti akan selalu membuat gelisah, membuat tidak tenang. Namanya sahabat tidak seperti itu, sahabat yang mungkin ada yang bisa menyakiti kita yang kebanyakan dari sahabat apa lagi sahabat-sahabat yang baik itu biasanya mendukung, dan biasanya mengajak kita ke dalam kebaikan. Di samping itu juga ada lagi perbedaan lainya, kalau namanya pacaran pasti ikut campur dalam urusan kita. Pacaran itu akan ikut campur dalam urusan kita ketika misalnya dia SMS atau dia mengirim pesan atau dia menelepon, kalau tidak diangkat pasti akan marah, padahal sebenarnya tidak punya hubungan yang sah, tidak punya status suami istri, tapi bisa marah. Berbeda dengan sahabat, sahabat mengerti di mana ketemunya, tau temanya sedang sibuk, di mana teman yang itu mempunyai aktivitas, dia akan saling menghargai.

Di sini lah perbedaan antara sahabat dan pacar, kalau kita memilih keuntungan, yang ada diantara sahabat atau pacar, keuntungan yang besar adalah ketika kita memiliki sahabat, bukan ketika kita itu memiliki pacar. Ditambah lagi di sini kalau kita memiliki sahabat orang-orang yang soleh. Orang-orang yang soleh itu akan mengingatkan kita ketika kita dalam keadaan duka, dalam keadaan khawatir dalam keadaan takut, mereka akan selalu menghiburku.

Perhatikan apa yang dikisahkan dalam hadits tentang pengejaran orang-orang musyrik terhadap Rasulullah dan Abu Bakar ketika di dalam gua. Rasulullah menghibur Abu Bakar dengan mengatakan La Tahzan Innallaha ma'ana, janganlah kau bersedih sesungguhnya Allah itu bersama kita, Allah akan berikan pertolongan kepada kita.

Sahabat itu akan selalu mendukung, sahabat itu akan selalu menghibur, sahabat tidak akan membuat kita mempunyai rasa khawatir yang besar. Berbeda jika kita memiliki kekasih, membuat kita punya hubungan spesial, dan yang ada rasa kekhawatiran yang besar, tapi tidak dilandaskan dengan kecintaan terhadap Allah. Di mana hubungan itu hanya maksiat, tidak halal dan yang ada bukan hubungan yang melekat layaknya suami istri.

Jadi, pilihlah yang terbaik, pilih hubungan yang sehat dan tetap di jalan Allah. Jangan sampai kita terjerumus ke dalam maksiat seperti zina, karena adzabnya sangat pedih. Mulailah isi waktu dengan aktivitas positif dan membaur dengan sahabat yang baik.


Sobat, pilih pacar atau sahabat? Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi pelajaran bagi kita.


Previous
Next Post »

Terimakasih atas kunjunganya.
Silahkan berkomentar dan beri kritik serta saran.
Jangan lupa difollow.

ConversionConversion EmoticonEmoticon