Keutamaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan, adalah bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan. Pada bulan Ramadhan, amal kebaikan umat Islam akan dibalas dengan berkah yang melimpah, pahala yang didapat akan dilipat gandakan. Pada bulan Ramadhan kita melaksanakan salah satu rukun Islam yaitu berpuasa. Jika kita menjalani puasa dengan sempurna, maka saat Hari Raya Idul Fitri kita akan bersih dari dosa seperti bayi yang baru lahir. Maka dari pada itu, kita sebagai umat Islam yang beriman sebaiknya memanfaatkan kesempatan yang sangat berharga ini dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat dan tidak melewatkan bulan yang penuh rahmat ini dengan kegiatan yang sia-sia.


Bulan Ramadhan hanya 30 hari, maka gunakan waktu sebaik baiknya. Barang siapa yang mendapati ramadhan teteapi tidak menggunakan kesempatan yang berharga itu dengan sebaik baiknya, maka dosanya tidak akan diampuni oleh Allah. Orang yang menganggap bulan ramadhan seperti bulan bulan biasa, dengan sikap yang biasa biasa saja dan menyia-nyiakannya, maka akan dijauhkan dari surga dan akan dimasukkan ke dalam neraka.

Karena mulianya bulan ramadhan, maka jadikan bulan ini sebagai ladang pahala bagi kita. Dengan melakukan pekerjaan yang baik dan memperbanyak ibadah, maka kita akan mendapatkan rahmat, pahala, bahkan ampunan yang berlimpah.

Baca juga "Langkah Menuju Sukses"

Umar bin Khattab pernah berkata bahwa beliau sangat membenci melihat umat Islam tidak melakukan pekerjaan apa pun, tidak melakukan pekerjaan yang menghasilkan manfaat di dunia maupun di akhirat. Kita harus menjauhi hal itu, apalagi di dalam bulan Ramadhan.

Abdullah bin mashut mengatakan bahwa beliau tidak pernah  menyesal terhadap sesuatu seperti penyesalan karena terbenamnya matahari yang berarti berkurangnya umur tetapi amal tidak bertambah. Sesungguhnya Allah akan membuat manusia menjadi sibuk melakukan hal yang tidak bermanfaat atau sibuk melakukan pekerjaan dunia ketika manusia itu telah melupakan Allah. Itu adalah tanda bahwa Allah telah berpaling dari manusia tersebut.

Karena ramadhan hanya sementara, hanya ada setahun sekali, dan kita tidak tahu apa kita bisa mendapatkan kesempatan melakukan sesuatu yang bermanfaat dan lebih baik di tahun yang akan datang, maka kita harus menggunakannya dengan sebaik baiknya. Agar lebih semangat dalam beribadah dan melakukan pekerjaan yang lebih baik, berikut ini adalah keutamaan-keutamaan dalam bulan ramadhan :


  • Bulan diturunkanya Al Quran
  • Amal shaleh yang berlipat ganda
  • Bulan penuh keberkahan 
  • Ramadhan bulan pengampunan dosa
  • Pintu surga dibuka sedangkan pintu neraka ditutup
  • Bulan yang mendidik untuk mencapai ketakwaan
  • Terdapat malam Lailatul Qadar




Dan itu adalah keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan, semoga dengan mengetahuinya kita bisa lebih meningkatkan ibadah kita kepada Allah. Sekian artikel tentang Keutamaan Bulan Ramadhan, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Terimakasih atas kunjunganya.
Silahkan berkomentar dan beri kritik serta saran.
Jangan lupa difollow.

ConversionConversion EmoticonEmoticon