Animasi Tampil dan Menghilang Floating Action Button Android Studio

Hai sobat, kembali di tutorial android. Pada artikel sebelumnya yang berjudul Membuat Animasi Floating Action Button, telah dijelaskan bagaimana cara membuat animasi pada objek Floating Action Button di Android Studio dan hasilnya akan sama seperti yang ada di aplikasi Hangout. Pada artikel kali ini, akan dijelaskan bagaimana membuat animasi tampil dan menghilang pada objek Floating Action Button di Android Studio, bagaimana caranya, berikut langkah-langkah pembuatanya.


Salah satu komponen yang menarik dari Material Design adalah Floating Action Button. Tombol ini biasanya memiliki sifat mengambang di atas objek agar lebih mudah dan fleksibel dalam penggunaannya. Tapi pada beberapa kasus, saat diterapkan diatas objek data seperti RecyclerView, ListView atau objek lainya, kadang mengambil beberapa ruang dalam satu layar, untuk menghindari hal ini, kita butuh menyembunyikannya saat dibutuhkan dan menampilkannya kembali jika ingin digunakan lagi.

Untuk membuat animasi tampil dan menghilang pada objek Floating Action Button, kita bisa mengunakan hide() atau show() pada objek Flaoting Action Button. Untuk penerapanya bisa sobat lihat pada kode berikut ini

Menampilkan animasi saat Floating Action Button tampil


FloatingActionButton mfab = (FloatingActionButton)findViewById(R.id.fab);
mfab.show();


Menampilkan animasi saat Floating Action Button disembunyikan



FloatingActionButton mfab = (FloatingActionButton)findViewById(R.id.fab);
mfab.hide();


Pada kode di atas, pertama kita dekarasikan objek Floating Action Button pada view dan asat kita ingin menampilkan animasi tombol muncul, kita hanya cuku memberikan event fab.show(). Saat kita ingin menampilkan animasi dan menyembunyikan tombol, tinggal memberikan event fab.hide().

animasi tampil dan sembunyi mengecil atau pop up otomatis ada di versi terbaru dari Support Library (22.2.1). Jadi akan lebih mudah dalam menggunakannya. Tampilannya akan seperti berikut ini


Dan sekeian artikel tentang Membuat Animasi Tampil dan Menghilang pada Floating Action Button, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Terimakasih atas kunjunganya.
Jika ada pertanyaan, komentar, atau saran, silakan tulis pada kolom di bawah ini.

ConversionConversion EmoticonEmoticon