Jangan Tinggalkan Shalat Malam

Ada sebuah ibadah sunnah yang sangat bermanfaat untuk ketenangan hati kita. Ibadah tersebut adalah shalat malam, shalat yang sepesial karena tidak semua orang sangup untuk terus malakukanya.


Nabi kita Muhammad SAW pernah ditanya oleh istrinya Aisyah RA. Pada saat Aisyah RA mendapati Rasulullah selalu shalat malam, Aisyah pun mengatakan “bukankah engkau telah diampuni dosanya oleh Allah baik dosa yang telah berlalu maupun dosa yang akan datang?" Aisyah bertanya seperti itu karena beliau selalu melihat Rasulullah melakukan shalat malam hingga kaki Rasulullah bengkak. Maka Rasulullah mengatakan kepada Aisyah “Tidak pantaskah jika aku menjadi hamba yang bersyukur kepada Allah SWT?”

Rasulullah mengajarkan kepada kita untuk bersyukur kepada Allah SWT. Rasulullah juga mengajarkan kepada kita untuk melakukan shalat malam, shalat di 1/3 malam yang terakhir ketika Allah turun ke dunia. Barang siapa yang meminta ampunan maka Allah ampuni, jika memohon pertolongan maka Allah berikan pertolongan, barang siapa bertaubat, maka Allah akan menerima taubatnya.

Kesempatan ini ada di saat malam hari di saat manusia diperintahkan untuk melakukan shalat tahajud. Mereka orang yang beriman dan shahabat nabi adalah orang yang pada malam hari punggung mereka jauh dari tempat tidur.

Ini adalah gambaran orang shaleh dahulu memanfaatkan malam mereka untuk beribadah, mereka memilih untuk melaksanakan shalat malam menghadap Allah SW T. Sesungguhnya posisis paling dekat dengan Allah adalah ketika sedang sujud. Maka dari pada itu pada saat bersujud itu digunakan untuk menghadap Allah, di saat Allah turun ke langit dunia.

Maka gunakan kesempatan yang baik untuk memohon [pertolongan, ampunan dan taubat. Sesungguhnya shalat malam akan membuat hai kita tenang dan menjadi cahaya bagi hati kita. Membuat kita menjadi takut dan khisuk kepada Allah. Segeralah tidur setelah isya jika tidak ada kegiatan dan bangun 1/3 malam terakhir untuk shalat malam. Gunakan siang hari untuk sedikit tidur agar pada malam hari kita bisa bangun dengan segar. Jauhi maksiat, karena maksiat dapat menghalangi kita untuk bangun dan juga jangan isi perut kita dengan hal haram karena itu dapat menjadi penghalang untuk kita.



Sekian artikel tentang Jangan tinggalkan Shalat Malam, semoga bermanfaat dan bisa mengajak pembaca untuk lebih tekun dalam melaksanakan shalat malam.
Previous
Next Post »

Terimakasih atas kunjunganya.
Silahkan berkomentar dan beri kritik serta saran.
Jangan lupa difollow.

ConversionConversion EmoticonEmoticon