Tentang Perbedaan UI dan UX

Hai sobat, pada artikel kemarin saya sudah menceritakan sedikit pengalaman training saya saat di cileungsi, dan kali ini saya akan memberikan materi yang berhasil saya tangkap tentang UI dan UX. Apa itu UI dan apa itu UX? Apa perbedaanya? Berikut penjelasanya.

Tentang Perbedaan UI dan UX

Untuk hal pertama, saya akan bercerita sedikit tentang Design. Kenapa desain? Tahukah sobat kalau desain yang buruk bisa berbahaya untuk orang lain. Menurut Don Norman, seorang designer dan ..., menjelaskan bahwa tidak ada yang namanya kesalahan manusia, yang benar adalah desain yang buruk. Untuk lebih jelasnya, sobat bisa melihat video berikut ini


Pada video tersebut ditayangkan bagaimana perampok yang tidak bisa keluar karena desain pintu yang tidak baik. Dan byangkan saja bila hal tersebut terjadi di saat kejadian genting seperti kebakaran atau kecelakaan.

Tentang Perbedaan UI dan UX

Di situ kita bisa lihat bahwa desain yang buruk sangat berpengaruh terhadap penggunanya, dan parahnya lagi, hal ini bisa berakibat buruk pada penggunanya. Maka dari pada itu, akhirnya designer mulai membuat suatu solusi yang lebih baik dengan membuat prototype atau ujicoba. Dan perlu di ingat bahwa setiap produk baik itu digital maupun fisik, semuanya membutuhkan desain yang baik.

Baik kembali ke UI dan UX, mungkin pertanyaan pertama yang ada di benak sobat adalah apa itu dan apa perbedaanya. Sebentar, mari kita lihat dulu tentang produk digital. Produk digital terdiri dari 4 komponen yaitu :
  • Container (dekstop, tablet, atau perangkat mobile)
  • Information (tulisan, suara, gambar, video, dan sebagainya)
  • UI (tombol, kotak teks, ikon, navigasi, list, dan sebaginya)
  • UX (apa yang pengguna rasakan sebelum, sedang, dan setelah menggunakan produk tersebut)
Dari ulasan di atas, mari saya berikan contoh. Anggap saja seperti masakan padang. Piring adalah container, makanan seperti lauk ayam, sayur dan tempe adalah information, sendok dan garpu adalah UI, dan kepuasan pemakan adalah UX. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut :

Tentang Perbedaan UI dan UX

Piring adalah sebagai container, tempat untuk menampung semua informasi, UI, dan UX. 

Tentang Perbedaan UI dan UX
Tentang Perbedaan UI dan UX


Makanan seperti ayam, sayur, dan tempe adalah informasi, karena itu semua adalah hal yang di sajikan untuk pemakan tahu dan pemakan rasakan.

Tentang Perbedaan UI dan UX

Sendok garpu adalah UI, tampilan dan alat untuk berinteraksi langsung dengan informasi. 

Tentang Perbedaan UI dan UX

Dan kepuasan pemakan sebelum, saat, dan setelah memakan makanan adalah UX.

Dari penjelasan saya di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa UI dan UX itu berbeda. UI berada di urutan paling depan dan paling mencolok karena UI adalah tampilan atau alat untuk menggunakan sebuah produk. Sedangkan UX adalah pengalaman pengguna yang sebenarnya paling penting menurut saya. UX sangat besar pengaruhnya terhadap kemajuan sebuah produk, dan untuk membuatnya lebih bagus, maka kita harus memperbaiki komponen yang lainya seperti informasi dan UI. UI  adalah salah satu aspek yang mempengaruhi terhadap pengalaman, sedangkan UX adalah seluruh pengalaman pengguna dari desain dan  layanan.

Tentang Perbedaan UI dan UX

UX tidak hanya untuk produk digital, UX juga bisa diterapkan berbagai produk seperti produk fisik, layanan, dan lain sebagainya. Pada intinya UI dan UX itu berbeda tetapi sama pentingnya. Dan dalam sebuah produk harus memiliki UI dan UX yang baik dan bagus.

Sekian penjelasan saya tentang UI dan UX, untuk kelanjutannya tentang cara membuat UI dan UX yang bagus dalam sebuah produk akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar

Terimakasih atas kunjunganya.
Silahkan berkomentar dan beri kritik serta saran.
Jangan lupa difollow.

ConversionConversion EmoticonEmoticon