Pengalaman Pertama di Pesantren IDN Programmer

Assalamu'alaikum Wr Wb

Hai sobat, apa kabar? sudah lama tidak posting blog nih, gara-gara banyak kesibukan yang tidak jelas dan kuota yang selalu nipis hehe..
Dan mulai sekarang, mungkin saya akan mulai ngeblog lagi karena saya sudah berada di tempat yang penuh ilmu dan pengalaman. Di manakah tempat itu dan apa yang saya lakukan di sana? di bawah ini saya akan mulai menceritakan pengalaman pertama saya di tempat itu.



Cerita ini berawal saat saya berada di bangku SMK, saat saya akan menghadapi ujian nasional. Saat itu guru saya tiba-tiba menghampiri saya dan memberi saya saran agar ikut ke dalam program pesantren ini. Kebetulan dulu ada seorang guru TKJ dari sekolah saya yang mengikuti program ini. Mendengar hal itu, saya tertarik karena guru saya mengajak saya dengan kata seperti ini "Jik, kalau kamu mau, Bapak punya rekomendasi untuk kamu, pelatihan seperti kuliah yang pas untuk jurusan kamu (RPL), pelatihannya cuma setahun dan insya Allah bisa langsung kerja setelah lulus, dan bagusnya lagi, program ini GRATISS, tapi di sana juga mengaji kaya dipesantren gitu, jadi kamu bisa dapat dobel dobel gitu, bagus pokoknya coba entar cari infonya dan ikut".

Mendengar perkataan itu, saya merasa mendapat pencerahan, baru kali ini saya mendengar hal seperti itu, saya langsung tertarik apalagi ada kata GRATIS hehehe. Akhirnya saya mencari infonya dan bertanya tanya dengan alumni dari situ. Lalu saya mantap dan memberi tahu orang tua saya. Saya perlihatkan websitenya di IDN Foundation.org, dan saya perjelas maksud dan persyaratan-persyaratan yang ada. Dan awalnya orang tua saya tidak mengizinkan saya karena orang tua saya mengira itu adalah kumpulan yang berembel embel jihad seperti ISIS atau aliran lain karena saat itu sedang panas berita soal ISIS dan semacamnya.


Seperti pada profil IDN Foundation, tempat ini adalah yayasan yang bertujuan untuk mendidik seseorang hingga orang tersebut bisa mendidik orang lain, terlebih lagi bagi orang yang tidak mampu. Yang di utamakan dari IDNFoundation adalah keterampilan yang matang agar nanti bisa digunakan untuk bekerja atau mendidik orang lain.

Setelah beberapa minggu akhirnya orang tua saya mengizinkan saya mengikuti program tersebut. Setelah saya lulus dari SMK, saya mulai mempersiapkan kebutuhan saya seperti menambah RAM laptop saya, sedikit belajar tentang Android karena saya mengikuti program Pesantren IDN Programmer. Dan tidak lama, salah seorang guru dari SMK Madinatul Quran yang juga pelatih di Pesantren IDN mulai mengirim informasi kepada saya tentang seleksi yang akan saya ikuti. Setelah beberapa minggu mengikuti seleksi, alhamdulillah saya diterima dan boleh langsung berangkat setelah Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga "Cara Agar Akun Google Tetap Aman"

Hari Raya pun telah usai dan saya sudah siap untuk berangkat. Kebetulan ada teman saya dari jurusan TKJ juga mengikuti program ini, tapi dia ikut di IDN Netwokers. Kami pun berangkat bersama dari Kendal Jawa Tengah ke Jonggol Jawa Barat. perjalanan dari rumah saya sampai ke Jonggol kira-kira 12 jam dan kami tiba di sana tepat saat adzan subuh berkumandang

Saat saya menulis cerita ini, saya sedang berada di tempat itu. Saya mulai beradaptasi dengan lingkungan di sini. Awal-awal saya di sini saya ikut membantu mengangkat barang-barang dari SMK Madinatul Quran 2 ke gedung baru yang tidak jauh dari situ. Cukup melelahkan tapi asyik, teman-teman dari berbagai penjuru Indonesia datang satu persatu. Mulai dari anak netwokers, sysadmin, ccie, dan programmer. Awalnya semuanya ada 20 anak, lalu ada 5 anak yang mengundurkan diri karena suatu keperluan.


Di daerah ini memang pas untuk dijuluki kota santri seperti gapura yang terpampang di jalan masuk desa. Di sini saya bisa selalu shalat jamaah 5 waktu, walaupun dalam 1 minggu ini saya harus naik turun jalan untuk ke masjid. Waktu setelah shalat biasanya saya digunakan untuk membaca dan menghafal Al Quran.

Untuk urusan makan sudah ditanggung oleh Pesantren IDN, seperti kata guru saya dulu kalau di Pesantren IDN ini memang gratis. Di sini kita disediakan fasilitas dan kita tinggal memanfaatkannya saja. Saat kita mendapat tugas atau lab, kita biasanya disuruh untuk mempostingya ke blog masing-masing dan nantinya kita buat buku tentang apa yang sudah kita pelajari selama ini.


Dan di sinilah awal saya memulai pengalaman baru dan belajar banyak hal baru. Untuk kedepannya, in shaa Allah saya bisa jadi apa yang saya inginkan, amin.

Sekian cerita pengalaman pertama saya berada di Pesantren IDN, apabila ada pertanyaan silahkan bisa sobat tulis di bawah. Sekian sampai jumpa.



Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
kukuhpratama
admin
29 April 2017 at 14:16 ×

kpan dibuka lagi pesantren networkersnya?

Congrats bro kukuhpratama you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Terimakasih atas kunjunganya.
Silahkan berkomentar dan beri kritik serta saran.
Jangan lupa difollow.

ConversionConversion EmoticonEmoticon