Cara Agar Akun Google Tetap Aman

Hai sobat, lama tidak posting ya. Pada artikel saya sebelumnya yang berjudul cara menghidupkan notifikasi gmail di komputer, telah saya jelaskan cara bagaimana menghidupkan notifikasi gmail agar sobat lebih mudah mengaksesnya. Dan pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara mengamankan akun google.

Agar akun aman dan tadak dihack
Hacker
Bagi sobat yang keseharianya tidak lepas dari internet atau dunia maya, pasti tidak asing dengan akun google. Akun google memiliki banyak fungsi seperti untuk login media social, mengakses blogger, youtube, google+,  google drive, dan masih banyak lagi.

Baca juga : Cara Mudah Melacak Hp Android Yang Hilang

Apalagi sekarang Google telah banyak mengeluarkan produk seperti yang telah saya sebutkan tadi, dan semua produk itu dapat diakses dengan satu akun google. Dengan kemudahanya, google banyak dipilih orang-orang untuk membantu pekerjaan mereka seperti untuk bisnis, komunikasi, dan lain-lain. Tapi bagaimana jika akun google yang digunakan mudah untuk dimasuki orang lain, atau orang yang memiliki niat yang tidak baik, pasti akan berdampak buruk pada kita.

Jadi keamanan akun ini sangat penting untuk diperhatikan. Sekali diambil orang, maka semuanya akan hilang. Sobat tidak bisa mangakses produk-produk google sobat dan sobat akan merugi jika akun tersebut digunakan untuk kepentingan kerja.

Menjaga agar akun tetap aman
Mengamankan Akun Google

Lalu bagaimana cara agar akun google kita aman dan tadak mudah diambil alih orang, berikut caranya :

1.  Gunakan sandi yang rumit. 
Sandi yang rumit tentunya akan susah untuk ditebak. Saat sobat membuat atau memperbarui akun, terdapat persyratan yang telah ditentukan guna membantu sobat memperkuat password yang ingin digunakan. Biasanya password harus minimal memiliki 8 karakter yang terdiri dari huruf besar dan kecil, angka, simbol, dan tanpa menggunakan spasi.

2.  Jangan menggunakan password yang mudah ditebak

Mengingat poin satu, buatlah password yang susah ditebak dan buatlah serumit mungkin. Contoh password yang mudah ditebak seperti nama kita, nama keluarga, nomor telepon, alamat, tanggal lahir pacar, dan hal-hal yang berhubungan dengan kita.

3.  Jangan menggunakan sandi akun pada website lain

Tidak semua situs dapat dipercaya, ada sebagian website sengaja dibuat untuk mengambil informasi dari akun kita, bahkan dapat merampas akun kita. Maka jangan sembarangan untuk memasukkan sandi akun kita. Biasanya orang-orang akan menggunakan aku yang sama pada website yang berbeda  agar mudah mengingatnya seperti facebook, twitter, instagram dan websita lainya.

4.  Lakukan pemeriksaan keamanan akun
Untuk mengetahui apa saja yang kurang menguatkan akun, sobat wajib mengikuti pemeriksaan ini. Silahkan buka Akun sobat lalu di bagian masuk & keamanan, pilih mulai untuk memulai pemeriksaan keaman. Dijamin setelah sobat melakukan pemeriksaan keamanan ini, akun google sobat akan terkontrol dengan baik.

5.  Gunakan pilihan pemulihan akun
Nah, ini penting sekali guna mengembalikan akun. Apabila akun sobat terlanjur kebobol, sobat akan mudah mendapatkanya lagi dengan pilihan ini. Pemulihan akun ini menggunakan email cadangan dan nomor telepon, jadi jika ada yang tidak beres maka sobat akan mengetahuinya.

6.  Gunakan verifikasi 2 langkah
Fitur ini memberikan lapisan ganda pada akun sobat. Jadi setiap akan masuk ke akun, maka kita disyaratkan untuk memasukkan sandi akun dan kode yang dikirimkan ke ponsel kita. Tentunya dengan fitur ini, orang asing akan kesulitan untuk mengakses akun kita. Silahkan masuk ke pilihan verifikasi 2 langkah untuk mengaktifkanya.

7.  Perbarui browser dan sistem operas
Dengan meperbarui browser dan sistem operasi, maka kita akan mendapatkan pemberitahuan dan diperintahkan untuk login kembali. Ini juga efektif untuk membersihkan cache, cookie, history dan data-data kita.

8.  Pastikan komputer aman dari virus

Selain merusak komputer, virus juga dapat mengambil informasi yang kita miliki, sobat mungkin tidak tahu kalau informasi penting sobat sedang diambil. Maka, pindai komputer sobat dengan antivirus terpercaya, jika ada virus dan software yang mencurigakan, segera hapus.

9.  Pastikan logout dari komputer lain
Jika sobat memakai komputer lain seperti di tempat umum, sekolah, warnet, pastikan sobat telah logout. Hal ini sangat penting agar tidak ada orang yang menggunakan akun sobat setelah sobat menggunakanya di komputer lain.

Nah, itulah cara-cara agar akun google kita aman dari orang yang tidak bertanggung jawab. Sebaikya sobat juga memeriksa akun sobat dan melakukan langkah-langkah diatas secara rutin agar akun sobat tetap terkondisi.

Sekian artikel tentang cara mengamankan akun google, jika dirasa bermanfaat, silahkan dishare ke manapun keinginan sobat agar semua orang tahu, berbagi itu indah :)

Previous
Next Post »

Terimakasih atas kunjunganya.
Jika ada pertanyaan, komentar, atau saran, silakan tulis pada kolom di bawah ini.

ConversionConversion EmoticonEmoticon