Cara Mencharger Baterai Smartphone Dengan Benar

Hai sobat, sudah lama saya ga posting ni. Dan di sela waktu saya magang, saya sempatkan untuk menulis artikel ini yaitu cara mencharger smartphone dengan benar.

Berapa kali sobat pernah mengganti baterai Hp? 2 kali? 3 kali? atau bahkan lebih? jika renggang waktu 1 tahun itu mungkin wajar. Tapi kalau 6 bulan ganti, bahkan lebih singkat lagi? itu perlu dicari tahu penyababnya. Dan mungkin salah satu penyebabnya yaitu cara mencharger yang tidak benar. 



Cara Mencharger Baterai Smartphone Dengan Benar


Cara mencharger Hp yang tidak benar dapat menyebabkan kerusakan pada baterai. Dan tanda-tanda baterai akan rusak seperti yang saya jelasakan di sini

                 Baca juga "Cara Agar Android Tidak Lemot"

Jika sobat ingin menghemat baterai, sobat bisa membacanya di sini.
Dan untuk cara mencharger baterai dengan benar seperti berikut :
  1. Jangan mencharger sambil ditinggal tidur.
    Ini adalah kebiasaan yang sangat sulit untuk ditinggalkan. Namun jika hal ini diteruskan, akan berdampak buruk pada baterai. Baterai yang ditinggal tidur otomatis terisi selama sobat tidur, dan daya yang masuk akan seperti cangkir yang meluap.
  2. Perhatikan waktu mencharger.
    Rata-rata waktu yang dibutuhkan baterai smartphone untuk terisi penuh yaitu 2 - 4,5 jam, Tergantung jenis dan kapasitas baterai tersebut. Dan jika waktu mencharger melebihi waktu rata-rata, maka akan menyebabkan baterai sobat cepat hamil.
  3. Lihat cara menghubungkan adaptor charger dengan smartphone.
    Ini adalah langkah yang yang sering sobat hiraukan. Biasanya pasti asal nancep dan tidak perduli terhadap daya listrik yang masuk. Langkah menghubungkan adaptor charger dengan Hp sudah ditulis di buku panduan pengguna Smartphone yaitu :

    • Sambungkan konektor USB ke port USB adaptor daya.
    • Sambungkan ke Hp.
    • Lalu sambungkan adaptor daya ke stopkontak.

  4. Lepaskan pelindung Hp saat mencharger.
    Suhu baterai akan naik saat proses charging. Jika pelindung masih terpasang, akan menyebabkan suhu semakin naik. Dan hal tersebut tentunya akan berdampak buruk pada baterai sobat.
  5. Jangan gunakan smartphone sobat saat proses charging.
    Nah, ini juga kebiasan yang sangat sulit untuk ditinggalkan. Dengan adanya game dan aplikasi social media, pasti sobat merasa tidak sabar untuk menggunakan Hp sobat. Tapi, jika sobat menggunakannya saat proses charging, itu akan menyebabkan tidak stabilnya daya listrik yang masuk dan keluar.
  6. Jangan lepaska baterai saat proses charging.
    Ini hal yang sangat fatal karena dapat menyebabkan arus pendek pada baterai.


Agar baterai tetap awet, sobat mungkin harus melakukan hal di atas. Jika baterai sehat dan awet, maka smartphone pun juga akan nyaman dipakai.

Demikian artikel Cara Mencharger Baterai Smartphone Dengan Benar. Semoga membantu.
Bila ada pertanyaan, silahkan sobat berkomentar di bawah. Terus ikuti saya dan jangan lupa, di-Follow... Sampai jumpa...





Previous
Next Post »

Terimakasih atas kunjunganya.
Silahkan berkomentar dan beri kritik serta saran.
Jangan lupa difollow.

ConversionConversion EmoticonEmoticon